Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Dukung Arus Mudik Tahun 2023, WSBP Suplai SprigWP Pada Jalan Kudus-Purwodadi

127
×

Dukung Arus Mudik Tahun 2023, WSBP Suplai SprigWP Pada Jalan Kudus-Purwodadi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – 18 April 2023,  PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengerjakan suplai produk SPRigWP
(Sistem Perkerasan Rigid Waskita Precast) di Jalan Kudus-Purwodadi, Kabupaten Kudus. WSBP meraih kontrak eksternal ini dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah sebagai pemilik proyek. Pada proyek jalan sepanjang 48m ini, WSBP menyuplai 16 panel SPRigWP.

Ini merupakan pemasangan pertama kali yang dilakukan pada jalan di daerah Jawa Tengah dan sebagai percontohan. Sugiharto, Director of Operations WSBP menyatakan SprigWP merupakan produk unggulan yang dimiliki oleh perusahaan sebagai hasil inovasi terbaru untuk konstruksi jalan.

Example 300x600

“Dengan menggunakan produk inovasi ini, proses perbaikan jalan menjadi lebih cepat dan
efisien,”tambahnya. Jalan dapat langsung digunakan 3-4 jam setelah pemasangan dan rangkaian uji coba terlaksana dengan hasil baik.

Proses pemasangan dilakukan dengan nyaman tanpa menutup jalan, yaitu dengan metode pemasangan per lajur sehingga lalu lintas dapat tetap diakses masyarakat selama pemasangan dan uji coba berlangsung.

Menurutnya keberhasilan pemasangan SPRigWP pada jalan di Jawa Tengah dapat menjadi contoh untuk daerah lainnya di Indonesia.

“Harapannya dapat memudahkan dan meperlancar arus mudik tahun ini dan tentunya memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan,”ungkapnya.

SPRigWP memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan sistem perkerasan jalan konvensional, antara lain dapat digunakan untuk konstruksi jalan baru dan peningkatan jalan, dapat mengendalikan beban berlebih dan kerusakan jalan, memilki daya tahan yang lebih lama, pemasangan lebih mudah, cepat, dan tepat, serta jalan dapat segera difungsikan, dapat meminimalisir penutupan jalan dan memiliki biaya perawatan yang mudah.

Produk ini telah mendapatkan Paten dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM dengan Nomor IDP000080495 dan Spesifikasi Khusus Interim dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR sehingga dapat digunakan pada pembangunan/preservasi jalan di lingkungan Dirjen Bina Marga. Sebagai informasi, SPRigWP ini pertama kali digunakan pada tahun 2016.

Pengaplikasian dilakukan pada jalan akses menuju Precast Plant Bojonegara, dengan panjang jalan 49m dan lebar 5m, kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian di Plant Klaten dengan panjang 36m dan lebar 9m pada tahun 2017.

Selain itu, SPRigWP juga sudah berhasil diaplikasikan pada Ruas Jalan Margomulyo, Surabaya pada akhir tahun 2018 dengan panjang 48m dan lebar 23,4m.

“Perusahaan melihat bahwa proyeksi pasar untuk produk ini memiliki peluang besar baik untuk jalan nasional maupun jalan tol,” ungkapnya.

Sesuai dengan semangat transformasi perusahaan, WSBP akan terus mengembangkan produk-produk inovatif baru untuk meningkatkan pangsa pasar di industri precast domestik dan internasional, serta dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan di indonesia khususnya sektor konstruksi jalan. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *