Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Brigjen Pol Firly R Samosir, Putra Batak Pertama Komandan Pasukan Brimob I Sumatera

102
×

Brigjen Pol Firly R Samosir, Putra Batak Pertama Komandan Pasukan Brimob I Sumatera

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Binjai, Lintas5terkini.com – Brigjen Pol Drs Firly R Samosir Msi merupakan orang pertama yang ditunjuk mengawali sejarah terbentuknya Pasukan Brimob I Korbrimob Polri di wilayah Sumatera.

Hal ini merupakan awal sejarah baru bagi perjalanan Korbrimob Polri sebagai penguatan struktur organisasi Korps Brimob Polri dimana memiliki peranan penting dalam mengamankan berbagai proyek strategis nasional.

Example 300x600

Lalu dikuatkan dengan terbitnya Perpol No. 6 Tahun 2022 perubahan ke empat atas Perpol No. 6 Tahun 2017 tentang susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Kepolisian yang mengatur tentang penambahan jabatan Komandan Pasukan Brimob I, II, III, Korbrimob Polri dengan pangkat bintang satu. Dengan demikian maka secara keseluruhan terdapat penambahan empat perwira tinggi Polri berpangkat bintang satu di jajaran Korbrimob Polri.

Pada 24 Februari 2023 telah dilaksanakan pengukuhan Danpas Brimob di Markas Komando Korbrimob Polri, Cimanggis, Depok. Pengukuhan ini mengandung maksud agar wilayah NKRI dari Sabang sampai Merauke dapat terjaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya, guna mempercepat dan berjalannya dinamika operasional (Wilayah Barat/Pulau Sumatera).

Pada 10 Maret 2023, Dankor Brimob Polri Komjen Pol Anang Revandoko, meresmikan tiga struktur organisasi Korps Brimob Polri serta pelantikan komandan Pasukan Brimob I, II dan III.

“Dengan terus menggelorakan rasa kesetiaan kepada negara yang diwujudkan melalui kesetiaan tegak lurus terhadap setiap kepentingan nasional dan kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan tertinggi demi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Selanjutnya, Korps Brimob Polri resmi menempati eks Batalyon A Brimob Polda Sumut di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, sebagai markas komando pasukan Brimob I Polri, Selasa (6/6).

Pasukan Brimob I Polri yang berjumlah sebanyak 12.000 itu dipimpin langsung Brigjen Pol Firly R Samosir. Juga membawahi empat resimen (Resimen Pelopor dan Resimen Gegana) dan berperan sebagai pembina teknis 10 satuan Brimob Polda (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi, Sumsel, Babel dan Lampung ).

Dalam sambutan Apel Kesatuan Pasukan Brimob I, Wadankor Brimob Polri, Irjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.han mengatakan diresmikannya markas komando pasukan Brimob I Polri di lokasi eks Batalyon A Brimob Polda Sumut, Kota Binjai, bertujuan untuk menanggulangi pencegahan tindak kejahatan dengan skala intensitas tinggi.

“Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional. Semoga dengan adanya pasukan Brimob I Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa,” pungkasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *