Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Mendagri Minta Kepala Daerah Bantu Sosialisasikan Capaian Positif Upaya Pengendalian Inflasi kepada Masyarakat

111
×

Mendagri Minta Kepala Daerah Bantu Sosialisasikan Capaian Positif Upaya Pengendalian Inflasi kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah agar membantu menyosialisasikan capaian positif upaya pengendalian inflasi kepada masyarakat. Pasalnya, upaya pengendalian inflasi yang dilakukan pemerintah diketahui terus memperoleh hasil positif, namun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga riset, diketahui kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam pengendalian harga kebutuhan pokok terhitung rendah. Padahal selama ini langkah yang dilakukan pemerintah dengan terus mengendalikan inflasi telah menuai hasil positif yang diakui banyak negara di dunia.

Example 300x600

“Angka inflasi yang 4,33 persen yang itu diakui oleh dunia Indonesia bisa mengendalikan harga barang dan jasa. Dan kita rasakan sebetulnya pada saat Ramadan dan lain-lain kemarin relatif terkendali. Sekali lagi, tidak terjadi rush panic buying,” ujar Mendagri memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Daerah yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (3/5/2023).

Menurut Mendagri capaian inflasi di Indonesia yang mencapai 4,33 persen di level internasional terbilang optimal. Angka itu menunjukkan bahwa pengendalian inflasi relatif terkendali. Dirinya menilai, hal ini perlu disosialisasikan secara massif kepada masyarakat, terutama oleh kepala daerah maupun jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat dapat memahami dinamika yang terjadi dalam penanganan inflasi, serta upaya pengendalian harga barang dan jasa.

“Tolong rekan-rekan kepala daerah, sampaikan betul (upaya pengendalian inflasi kepada masyarakat). Karena ini berpengaruh bukan hanya kepada pemerintah pusat, tetapi kepercayaan pemerintah daerah masing-masing,” tambahnya.

Di lain sisi, Mendagri mengatakan, kepercayaan masyarakat yang tergolong rendah terhadap upaya pemerintah dalam pengendalian harga kebutuhan pokok diduga lantaran terjadinya dinamika naik turunnya harga di daerah. Hal tersebut perlu direspons oleh daerah dengan memberikan sosialisasi secara menyeluruh.

Lebih lanjut, Mendagri bersyukur atas capaian positif pengendalian inflasi di Indonesia. Menurutnya kondisi ini terjadi berkat kerja sama pusat dan daerah, terutama dalam menerapkan strategi pengendalian inflasi. Mendagri berharap, torehan tersebut dapat dipertahankan.

“Ini yang harus kita pertahankan terus agar situasi politik keamanan masyarakat lebih tenang dan pembangunan bisa berjalan,” pungkasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *