Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Menteri Basuki Dorong Organisasi Profesi Bidang Sumber Daya Air Tingkatkan Riset Pengelolaan Air

110
×

Menteri Basuki Dorong Organisasi Profesi Bidang Sumber Daya Air Tingkatkan Riset Pengelolaan Air

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong seluruh Organisasi Profesi di Bidang Sumber Daya Air (SDA) untuk terus meningkatkan riset/penelitian terkait pengelolaan SDA.

Hal tersebut disampaikan Menteri Basuki dalam acara Halal Bihalal dan Silaturahim bersama Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI), Komite Nasional Indonesia untuk Irigasi dan Drainase (KNI-ID), Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB), dan Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI) di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Example 300x600

“Hasil penelitian-penelitian terkait pengelolaan SDA baik di bendungan, bendung dan lainnya harus terus ditingkatkan. Dalam hal ini juga sangat diperlukan _awareness_ /kepedulian kita dalam penelitian geologi teknik dan desain pembangunan. Saya mohon organisasi profesi terus mengawal peningkatan kualitas penelitian tersebut,” kata Menteri Basuki.

Dikatakan Menteri Basuki, organisasi profesi telah banyak berperan membantu tugas-tugas Kementerian PUPR. Menteri Basuki berharap para organisasi profesi ini dapat ikut mendukung keberlangsungan profesionalisme bidang keairan Indonesia ke depan.

“Terkait pengelolaan SDA, saya kira kita juga harus semakin berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terutama terkait dengan prediksi cuaca untuk pengelolaan air. BMKG saat ini prediksi cuacanya sudah jauh lebih canggih, mereka juga sangat berperan dalam pengendalian cuaca seperti di KTT G20 dan KTT ASEAN kemarin,” kata Menteri Basuki.

Plt Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko yang juga Ketua Umum HATHI periode 2021-2023 mengatakan, terkait antisipasi cuaca ekstrem, Ditjen SDA telah menginstruksikan untuk memperkuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pengoperasian pintu pengendali banjir di bendung dan bendungan.

“Satu hal yang sangat penting adalah perlu peningkatan pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam pengelolaan SDA terutama terkait data-data hidrologi termasuk informasi perkiraan cuaca dari BMKG,” kata Jarot.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum HATHI periode 2021-2033 Jarot Widyoko, Ketua Umum KNI-ID periode 2021-2024 Sarwo Edhy, Ketua Umum KNI-BB periode 2021-2023 Airlangga Mardjono, dan Ketua Umum MHI Yudha Mediawan. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *