Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Dekranas Gelar Pelatihan Pelaku UMKM di Kawasan Geopark dan Pertambangan Sumut

108
×

Dekranas Gelar Pelatihan Pelaku UMKM di Kawasan Geopark dan Pertambangan Sumut

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Medan, Lintas5terkini.com – Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tri Tito Karnavian mewakili Dekranas mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah bersinergi dengan Dekranas sejak 2020 untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) meski kala itu sedang pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Tri dalam penutupan Workshop Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark dan Wilayah Pertambangan di Hotel Ina Darma Deli Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (15/5/2023).

Example 300x600

“Kami tak henti-hentinya mendapat support terutama untuk pengembangan kapasitas pada perajin dalam hal ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan keterampilan. Tapi memberikan wacana baru dalam diversifikasi usaha perajin. Selama ini kita ketahui di Medan ini pasti ulos saja. Kita tidak mendengar kerajinan Bamboo. Namun Kementerian ESDM telah memberikan wawasan yang luas kepada masyarakat perajin di sini, bahwa ada alternatif lain dalam mengembangkan kerajinan di wilayah ini,” jelas Tri.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih pada Dekranasda Provinsi Sumut dan Kota Medan yang telah berkolaborasi dalam menggelar kegiatan tersebut.

“Kami harapkan setelah pelatihan ini para perajin bisa meningkatkan kapasitasnya terutama harus dibantu oleh pemerintah setempat. Karena para perajin ini pasti memerlukan kemampuan permodalan juga pemasaran. Tanpa dua hal ini kita sulit mengembangkan kerajinan di daerah ini. Di Sumut terutama di kawasan geopark menjadi salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, maka kami harapkan pengembangan pariwisata yang ada ikut mendukung pemasaran dari pelatihan ini,” pintanya.

Kegiatan Workshop ini diadakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya para pelaku UMKM industri kreatif di sekitar kawasan tambang dan geopark, Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Geologi, Mineral, dan Batubara (Geominerba), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM bersinergi dengan Dekranas menyelenggarakan Workshop Pengembangan UMKM di Wilayah Pertambangan dan Kawasan Geopark.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana mengolah material bambu, purun, pandan duri, serta limbah plastik dan kayu untuk menjadi produk suvenir untuk wisatawan domestik maupun mancanegara yang bernilai tinggi.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 11 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023 di Hotel Grand Inna Medan. Selama kegiatan Workshop para peserta lebih banyak melaksanakan kegiatan praktik dan mereka dapat mempresentasikan karyanya sebagai hasil kegiatan praktik pengembangan kerajinan berbahan baku bambu, purun, pandan duri, limbah plastik, dan kayu selama kegiatan tersebut berlangsung. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *