Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Peresmian Kantor KIAT, Menteri Basuki: Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia Bidang Infrastruktur

104
×

Peresmian Kantor KIAT, Menteri Basuki: Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia Bidang Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian kantor baru Indonesia Australia Partnership for Infrastructur atau Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di Menara Standard Chartered, Jakarta, Senin (22/5/2023). Hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Australia sudah terjalin dengan baik, sehingga dapat merealisasikan harapan-harapan kedua negara terhadap pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua negara di bidang infrastruktur, di mana Kementerian PUPR bersama KIAT telah bekerjasama di bidang jalan, air bersih, sanitasi, dan skema Kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Example 300x600

“Yang menjadi unik di KIAT ini tidak hanya bermitra dengan membantu Kementerian PUPR dalam physical development program, tetapi juga seperti konsep-konsep regulasi yang baru di introduce kepada kami dibantu oleh KIAT, seperti KPBU dan hibah jalan daerah,” kata Menteri Basuki.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga menyampaikan ucapan terima kasih terkait dukungan program percepatan penanganan kerusakan jalan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang telah dikeluarkan oleh Presiden pada bulan Maret 2023.

“Sebetulnya sudah diusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk menjadi program APBN, tetapi karena banyaknya keluhan kerusakan jalan daerah kepada Bapak Presiden, kami survive dengan Inpres jalan daerah yang segera kita lakukan bulan Juli ini. Kami juga mendapat laporan dari Direktur Jenderal Bina Marga bahwa KIAT juga akan mensupport Inpres Jalan Daerah dalam rangka mutu jalan daerah, terima kasih atas dukungannya,” kata Menteri Basuki.

Sebagai penutup, Menteri Basuki menyampaikan selamat kepada KIAT yang telah meresmikan kantor baru di DKI Jakarta. Menteri Basuki berharap dengan adanya kantor baru tersebut tidak hanya menyediakan ruang kerja bagi pegawai KIAT, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Australia dalam meningkatkan kolaborasi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan KIAT selama ini, dan untuk future saya kira kita dapat meningkatkan kerja sama ini untuk kemajuan Indonesia,” kata Menteri Basuki.

Direktur Fasilitas KIAT Steven Chaytor mengatakan sejumlah kerja sama konkrit yang telah dan akan dilakukan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR dengan bantuan pendanaan Pemerintah Australia di antaranya program Provincial Road Improvement and Maintenance yakni program yang menyediakan dana hibah berbasis kinerja dan peningkatan kapasitas untuk pengembangan jalan daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Probolinggo.

“Kami juga menjalankan Program Hibah Jalan Daerah dengan memberikan bantuan teknis untuk sistem pengelolaan aset jalan dan mendukung kapasitas pemerintah daerah untuk perbaikan jalan,” kata.

Selain itu juga tengah disiapkan program pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap yang mengintegrasikan desain tahan iklim, pembangunan instalasi dan jaringan pengolahan air limbah Palembang, program peningkatan kinerja teknis dan finansial BUMD Air Minum, penyelesaian proyek pemeliharaan jalan sub-nasional.

Turut hadir dalam acara peresmian Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Krisno Yowono, dan Kepala Pusat Analisis Pelaksanaan Kebijakan Eko Suhendratma. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *