Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2023, Kemendagri Dorong Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan

104
×

Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2023, Kemendagri Dorong Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2023 di Parkir Selatan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (1/6/2023). Kegiatan tersebut mengusung tema “Transformasi Ekonomi & Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan”.

Dalam laporannya, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri Aang Witarsa Rofik menjelaskan, acara yang digelar bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila ini bertujuan mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Example 300x600

“Kita juga mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri dengan skema ‘Bangga, Cinta, dan Pakai Produk Indonesia’,” ujarnya.

Di samping itu, kegiatan tersebut juga sebagai langkah mewujudkan kedaulatan secara politik, kemandirian ekonomi, dan bangsa. Hal tersebut agar cita-cita mulia menjadikan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045 dapat lekas tercapai.

Dirinya mengungkapkan, acara tersebut sengaja digelar di TMII sebagai wujud dukungan revitalisasi anjungan di TMII yang berperan sebagai jendela informasi sekaligus perekat integrasi bangsa. Diharapakan melalui gelaran ini dapat memacu daerah untuk turut serta mendukung pembangunan anjungan di TMII.

“Pada acara Indonesia Maju Expo and Forum 2023 ini tentunya bukan hanya berfokus pada acara seremonial dan pameran UMKM, tetapi kami merangkaikan dengan berbagai macam kegiatan yang ada di dalamnya,” terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya membuka acara, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan mengapresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut. Menurutnya, acara ini terbilang apik sebab dikemas dengan upaya mengenalkan gerakan bangga buatan Indonesia. Di samping itu, tema yang diusung juga sejalan dengan semangat pemerintah dalam melakukan transformasi ekonomi.

“Ini sekali lagi timely sangat pas karena sekarang Bappenas lagi menginisiasi Rencana Jangka Panjang Nasional 2025-2045 tema besarnya salah satunya adalah transformasi ekonomi,” katanya.

Menurut dia, pasca-pandemi Covid-19 perekonomian dalam skala global masih dalam kondisi dinamis. Adanya kegiatan seperti Indonesia Maju Forum & Expo 2023 dinilai bakal mendorong pemulihan perekonomian dalam negeri.

“Salah satu kunci (pemulihan ekonomi) ya domestik. Yang kita lakukan bersama-sama Kemendagri itu menjaga inflasinya. Kami apresiasi absen mingguan (Rakor Pengendalian Inflasi Daerah) yang dilakukan Mendagri,” pungkasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *