Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Gelar Peringatan HLUN ke-27, Kemensos Bersama Muhammadiyah Dukung Lansia Produktif dan Sejahtera

123
×

Gelar Peringatan HLUN ke-27, Kemensos Bersama Muhammadiyah Dukung Lansia Produktif dan Sejahtera

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
Spread the love

Jakarta, Lintas5terkini.com – 6 Juni 2023, Organisasi kemasyarakatan tertua di Indonesia, Muhammadiyah, memiliki kesamaan visi dengan pemerintah tentang isu lanjut usia (lansia). Negara dan seluruh elemen bangsa memiliki kontribusi untuk memastikan lansia sejahtera dan berdaya.

Sejalan dengan UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, negara dan masyarakat bersama-sama membangun lingkungan yang mendukung pemberdayaan peran lansia dalam pembangunan dengan memperhatikan fungsi kearifan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisiknya serta terselenggaranya pemeliharaan taraf kesejahteraan.

Example 300x600

Isu lansia mencakup dimensi strategis karena menyangkut usia harapan hidup dan produktifitas, serta kemandirian dan kesejahteraan lansia. Lanjut Usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mengutip data, Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah Mariman Darto mengingatkan, populasi lansia tahun 2022 mencapai 27 juta jiwa (10,48 % dari total penduduk). Bahkan pada tahun 2045, jumlahnya meningkat menjadi 63,3 juta atau 19,9 % dari total penduduk.

“Penting bagi kita semua menyiapkan langkah antisipasi terhadap penanganan lansia. Muhammadiyah berpandangan, lansia bukan sebagai beban, namun memiliki kontribusi dalam pembangunan,” kata dia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 di Aula RSIJ Pondok Kopi (6/6).

Selanjutnya, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat perlu melakukan mitigasi demografi dengan berbagai program yang memungkinkan lansia tetap produktif melalui berbagai kegiatan yang positif.

Kegiatan ini merupakan kerja sama MPKS PP Muhammadiyah, RS Islam Jakarta Pondok Kopi, dan Kementerian Sosial RI.

Kegiatan lainnya adalah kegiatan Senam Sehat Lansia, pemeriksaan kesehatan, penyerahan alat bantu untuk lansia oleh Kementerian Sosial, dan Bazar UMKM oleh PDA Aisyiyah.

“Terima kasih atas kepercayaan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah kepada RSIJ Pondok Kopi untuk melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi lansia. Semoga kedepan kerjasama yang baik ini terus berlanjut,” kata Direktur Utama RSIJ Pondok Umi Sjarqiah.

Pada kesempatan tersebut, Kemensos melalui Sentra Handayani Jakarta menyerahkan bantuan kepada 4 lansia. Bantuan tersebut berupa 1 kursi roda, 3 tongkat kaki tiga beserta pemenuhan hidup layak seperti sembako, nutrisi hingga alat kebersihan diri.

Staf Khusus Menteri Sosial Bidang Hubungan dan Kemitraan Lembaga Luar Negeri Faozan Amar menyampaikan apresiasi kepada pihak terkait. “Terima kasih kepada Muhammadiyah-‘Aisyiyah beserta dengan amal usahanya yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lansia.

Jika semua komponen masyarakat memiliki kepedulian yang sama dengan memuliakan dan merawat lansia, saya kira Indonesia akan menjadi negara yang bermartabat”, ujar Faozan. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *